Selasa, 11 Oktober 2016

Wawasan Nusantara



WAWASAN NUSANTARA
Pengertian wawasan nusantara
Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannyayang beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa  dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat., berbangsa dan bernegara untuk mencapai yujuan nasional (Kel. Kerja LEHMANAS 1999). Wawasan nusantara adalah cara pandang atau sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegarauntuk mencapai yujuan nasional. (Ketetapan MPR Tahun 1983 dan 1998 Tentang GBHN). Dari berbagai pengetian di atas dapat disimpulkan bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan.
Fungsi Wawasan Nusantara.
            Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu dalam pembentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggara Negara di timngkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat 9ndonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
            Menurut Cristine S.T. Kansil, S.H.,MH dkk dalam bukunya pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi menjelaskan bahwa fungsi wawasan nusantara:
a.       Membentuk dan membina persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Indonesia
b.      Merupakan ajaran dasar nasional yang melandasi kebijakkan dan strategi pembangunan nasional.
Tujuan Wawasan Nusantara
            Wawasan nusantra bertujuan mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan individu, kelompok, golongan, suku bangsa, atau daerah. Hal tersebut bukan berarti menghilangkan kepentinga-kepentingan tersebuttetap dihormati, diakui, dan dipenuhi, selama tidak bertentangan dengan kepentingan nasional atau kepetingan masyarakat banyak.
            Menurut Cristine S.T. Kansil, S.H.,MH bbahwa tujuan wawasan nusantara adalah :
a.       Tujuan ke dalam mewujudkan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan nasional yaitu aspek alamiah dan aspek social.
b.      Tujuan keluar pada lingkungan bangsa dan Negara yang mengelilingi Indonesia ialah ikut serta mewujudkan ketertiban dan perdamaian dunia berdasarkan kemerdekaan keadilan social dan perdamaian abadi.

Implementasi Wawasan Nusantara
            Penerapan wawasan nusantara harus tercermin pada pola piker, pola sikap, dan pola tindakyang senantiasa mendahulukan kepentingan Negara.
1.      Implementasi dalam kehidupan politik adalah menciptakan iklim penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis, mewujudkan pemerintahan yang kuat, aspiratif, dipercaya.
2.      Implementasi dalam kehidupan ekonomi adalah menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil.
3.      Implementasi dalam kehidupan social budaya adalah menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima, menghormatisegala bentuk perbedaan sebagai kenyataan yang hidup disekitaran dan merupakan karunia sang pencipta.
4.      Implementasi dalam kehidupan pertahanan dan keamanan adalah menumpuhkan kesadaran cinta tanah air dan membentuk sikap bela Negara pada setiap WNI.
Sosialisasi Wawasan Nusantara
Menurut sifat / cara penyampaian
a.       Langsung = ceramah, diskusi, tatap muka
b.      Tidak langsung = media masa
Menurut metode penyampaian :
a.       Ketauladanan
b.      Edukasi
c.       Komunikasi
d.      Integrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar